Blogger news

HELLO WELCOME TO MY BLOG
  • MEMAHAMI PC

    Bab ini akan membahas bagian dalam PCanda yang belum dijelajahi,dan apa yang membuatnya bekerja.ini merupakan masalah hardware.Pembahasan berkisar dari awal pc,hingga hardware yang ditawarkan pada anda saat ini.Intruksi secar terperinci diberikan padabab berikutnya.pembahasan ini terutama sebagai informasi latar belakang,yang dapat membiasakan anda dengan PC dan cara kerjanya.
    Anda mungkin terbiasa dengan beberapa bahasan di sini.Hampir semua penghetahuan anda didasarkan pada sisi DOS dan software pada PC.Namun yang bergerak di bawah kendali software adalah hardware.Jika anda ingin menguasai PC anda,maka anda harus memahami pula bagian dalamnya.Bab ini merupakan peta petunjuk daerah tersebut.

    BAGAIMANA PC MENGGUNAKAN HARDWARE?
    Memecah PC ke dalam bagian-bagiannya merupakan pekerjaan yang rumit.Ketika anda melihatnya,mungkin komputer mempunyai tiga bagian utama:konsol yang berisi diks drive,motherboard,kartu ekspansi,dan catu daya,monitor dan keyboard.Sulit sekali untuk membagi PC ke dalam tingkat chip dan resistor.Dalam kasus ini,pembahasan mengenai hardware PC dapat melibatkan ribuan subkategori.
    Anda akan selalu berhubungan dengan hardware dalam cerita ini.namun untuk tahap ini,lima area berikut ditargetkan untuk dibahas;
    1.Mikroprosesor
    2.BIOS
    3.Penyimpanan sementara
    4.Penyimpanan permanen
    5.Perangkat keras pendukung
    bagian-bagian tersebut bukan obyek tunggal di dalam komputer,namun merupakan konsep yang memainkan peranan dalam hardware PC.

    1.MIKROPROSESOR
    Mikroprosesor adalah otak di dalam komputer.pada dasarnya mikroprosesor merupakan kalkulator yang sangat cepat dan alat penyimpan.Namun kapasitas penyimpanannya terbatas,sehingga memerlukan tempat penyimpanan tambahan untuk pengolahan informasi.
    Sebagai komponen tunggal,mikroprosesor sebenarnya merupakan piranti yang bodoh.Mikroprosesor harus diberi tahu dengan tepat apa yang harus dilakukannya.Mikroprosesor melaksanakn perintah (dikenal sebagai software)secara pintar,untuk membuat surat.Itulah mengapa mikroprosesor dan komputer merupakan benda berharga.Software ditulis untuk memberi tahu mikroprosesor apa yang harus dilaksanakan.Itulah sebabnya mengapa mikroprosesor merupakan pusat operasi komputer.
    2.BIOS
    BIOS singkatan dari Basic Input/Output system.BIOS merupakan software yang sudah disimpan dalam chip memori komputer.Karena chip tersebut"hanya dapat dibaca"yang berarti anda tidak dapat "menulis"kedalam chip tersebut,chip tersebut dikenal sebagai chip ROM (Read Only Memory).pada PC,istilah BIOS digunakan untuk mengganti ROM(atau kadang kala disebut ROM BIOS untuk memudahkan saja).
    Chip ROM adalah chip memory yang informasinya disimpan secara permanen

    CATATAN:
    RAM(Random Accsess Memory)adalah chip yang menyimpan informasi secara sementara.Program,aplikasi,dan bentuk software lainnya yang tidak perlu disimpan ke disk disimpan sementara di RAM pada saat digunakan.

    BIOS bertugas untuk hal-hal berikut:
    -Power-On Self Test ketika PC mula-mula dinyalakan adalah melakukan pemeriksaan sistem yang dikenal dengan Power-On Self,atau POST.POST memeriksa sistem,melakukan invenarisasi berbagai perangkat yang ada di dalam PC,menghitung jumlah disk drive,port serial,port paralel dan umumnya menghitung dan memeriksa memor,tugas POST adalah memastikan PC dalam keadaan baik sebelum komputer secara resmi dimulai.
    -Bootstrap Loader tugas kedua BIOS,setelah memeriksa sistem melalui POST,adalah memuat sistem operasi dari disk dive.Poses ini dikenal dengan bootstraping karena komputer"menyala sendiri proses bootstrapnya".Hal ini juga dikenal dengan nama "booting"komputer 9meskipun hampir semua orang mengartikannya dengan menendang sesuatu).
    -Antarmuka tingkat rendah BIOS juga bertanggung jawab sebagai antarmuka tingkat rendah pada komputer.BIOS menyediakan sambungan komunikasi antara keyboard,tampilan video,port serial dan printer untuk mikroprosesor.
    3.Penyimpanan sementara (RAM)
    Bagian ketiga utama dalam hardware PC adalah penyimpanan sementara(RAM)atau memory komputer.Mikroprosesor sendiri dapat menyimpan informasi,namun dalam jumlah terbatas.Daripada membanunya dengan penyimpanan informasi,komputer dipenuhi dengan chip RAM yang menyediakan penyimpanan sementara untuk informasi yang diolah mikroprosesor.
    Penyimpanan sementara ini merupakan kertas buram mikroprosesor sebagai bidang kerjanya.Kedalam bagian iniprogram dan informasi atau data yang dibuat oleh program disimpan.Semua proses berlangsung di dalam mikroprosesor itu sendiri,namun biasanya proses berhubungan dengan data,yang disimpan di dalam memori penting peranannya,dan mengapa semakin banyak memori semakin banyak yang dapat dilakukan software,mikroprosesor,dan komputer.(kita semua mengetahui bagaimana sulitya bila pesan"out of memory"muncul).
    4.Penyimpanan permanen (ROM)
    Penyimpanan permanen adalah penyimpanan memori,seperti ROM.Memori ini tidak hilang ketika catu daya dimatikan."Penyimpanan permanen"berada di disk drive atau piranti penyimpanan lainnya yang dipasang di PC(floppy disk dan hard disk merupakan bentuk yang paling umum).Dengan menggunakan sistem operasi,anda dapat memindahkan informasi dari penyimpanan sementara ke penyimpanan permanen.Kemudian anda dapat mematikan PC,karena data sudah disimpan.
    5.Perangkat pendukung
    Rangkaian pendukung selalu ada chip,resistor dan komponen lainnya di dalam komputer,umumnya dipasang pada lembaran fiberglass hijau.Rangkaian ini mendukung kerja mikroprosesor,BIOS,RAM,dan disk drive,dan memastikan segalanya bekerja dengan waktu dan pada saat yang tepat.
    Kartu ekspansi adalah pilihan tancapan yang menjadi bagian seluruh sistem komputer.Sebagai contoh,kartu suara dan modem merupakan kartu ekspansi.Kartu ini dan kartu ekspansi lainnya ditancapkan ke hardware lainnya yang disebut BUS,yang merupakan saluran komunikasi langsung antara mikroprosesor dan kartu ekspansi.Bus komputer akan tampak seperti kotak persegi hitamdipasang bersisihan yang disebut SLOT.Slot akan menerima konektor sisi yang merupakan sisi bagian bawah kartu ekspansi.
    Catu daya merupakan bagian yang penting.Catu daya mengubah listrik dari salurannya,menjadi tegangan yang dapat digunakan di dalam PC lalu membiginya diantar berbagai bagian
    Monitor dan keyboard merupakan saluran komunikasi anda dengan PC.Keyboard merupakan tempat memberikan masukan,monitor merupakan tempat untuk melihat hasil komputer.
    Perangkat pendukung adlah beberapa penrangkat luar yang di gunakan komputer.perangkat yang pertama mungkin printer,dimana anda dapat memperoleh salinan permanen dari hasil kerja komputer.selain printer,perangkat seperti modem,plotter,scaner,mouse komputer,digitizer video,synthesizer musik,danperangkat lainnya dapat ditancapkan ke komputer,perangkat ini membuat komputer menjadi piranti yang lebih fleksibel.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
hidup tidak semudah membalikan tangan semangatlah untuk menghadapi hidup hadapilah tantangan yang menghadang itu akan memberikan suatu pengalaman yang paling berharga untuk kalian.